PENERAPAN BUKU QIRO’AH UNTUK MEMOTIVASI SISWA MEMBACA QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TOVEAKU PALU

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan siswa mengenal huruf Hijaiyyah sangat rendah seperti siswa belum dapat mengenal huruf Hijayyah, siswa belum dapat menyebutkan huruf Hijayyah. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis mengenai “Penerapan Buku Qiro’ah untuk Memotivasi Siswa dalam Proses Belajar Qur’an di SMK Toveaku Palu”. Data-data yang disajikan menggunakan Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari narasumber atau suatu tempat yang dijadikan objek penelitian. Data tersebut dapat bersumber dari Informan atau narasumber yang terdiri dari para siswa dan siswi kelas X dan XII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi lapangan, dokumentasi kegiatan, refrensi yang berkaitan dengan penelitian yakni buku Qiro’ah. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan metode Qiro’ah. Haisil penelitian menunjukkan bahwa; penerapan buku qiro’ah untuk memotivasi siswa membaca qur’an di SMK Toveaku Palu berjalan dengan lancar disebabkan adanya dukungan dari kepala SMK Toveaku Palu; meskipun tidak dipungkiri terdapat beberapa hambatan. Diadakannya kegiatan ekstrakurikuler dengan menerapkan buku Qiro’ah sebagai bahan untuk pembelajaran bagi siswa dalam mengenal huruf hijayyah, maka siswa lebih cepat mengenal, serta lebih cepat dalam memahami huruf hijayyah dikarenakan tata cara membacanya diikuti dengan gambar- gambar yang ada disekeliling kita pada umumnya. Pengenalan huruf Hijayyah melalui buku Qiro’ah mendapat respon oleh siswa seperti timbul rasa ingin tahu yang sangat besar pada siswa yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang sudah bisa mengenal bahkan menyebutkan huruf Hijayyah. Adanya variasi bacaan dalam buku tersebut yang diajarkan oleh guru pada setiap kali pertemuan pada setiap siklusnya.