PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH TEMBORO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dunia pendidikan yang sedang mengalami ujian dan tantangan yang cukup berat. Salah satunya adalah terjadinya kemerosotan nilai-nilai karakter disiplin ditandai dengan dijumpai siswa yang membolos pada jam pelajaran dan terlambat masuk sekolah. Seperti yang terjadi di Surabaya, Kota Depok, Palembang, Kota Kediri dan Kota Surakarta. Penelitian ini difokuskan pada Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro sudah cukup berhasil dalam menanamkan karakter disiplin terhadap siswa/santri. Ada dua fokus utama dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana proses pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Kedua, Bagaimana hasil pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan datanya dengan metode observasi, interview dan dokumentasi, yang semuanya untuk menjawab permasalahan tentang proses pendidikan karakter disiplin santri dalam hal disiplin beribadah dan belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Pengasuh/Asatidz dan Santri Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro dengan cara: (1) Pertama, pembiasaan Melalui muhasabah dan khuruj. Kedua, mengajarkan hal-hal yang baik, melalui proses mentransformasi pengetahuan dan keilmuan dengan mengedepankan nilai-nilai kebaikan, ketaatan dan ketertiban dalam peraturan. Ketiga, Melalui Bayan dan Taklim dalam pelaksanaan kegiatan khuruj, sehingga merasakan dan mencintai yang baik. Keempat, melalui amalanamalan yang baik seperti amalan sunnah, ṣalāt qobliyah, ṣalāt Ba’diyah, baca Qur’ān, ṣalāt tahajud, ṣalāt Ḍuḥa, awabid, witir, Ṣadaqah, buang sampah pada tempatnya, dan amalan-amalan muhasabah lainnya. Kelima, keteladanan, melalui kegiatan muhasabah dan kegiatan khuruj. Keenam, tarbiyah (Keamanan), melalui aturan dan tata tertib. (2) Hasil pendidikan karakter disiplin di Pondok Pesantren Al-Fatah sangat baik, dalam hal ini dengan menunjukan adanya peningkatan perilaku santri dalam hal ibadah dan belajar.