EFEKTIFITAS METODE AT-TIBYAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI TAUD SAQU NURUSSUNNAH DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan metode alTibyan dengan berbagai keunggulannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bercorak lapangan, yang bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden, baik dengan cara observasi dan wawancara. Pengumpulan data dengan metode observasi dan wwancara untuk memperoleh datadata yang akurat tentang keefektifan metode at-Tibyan dalam membaca al-Quran di TAUD Saqu Nurussummah kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan efektif dengan bukti metode AtTibyan diajarkan secara praktis, menggunakan tahajji dan berbahasa Arab, diajarkan secara klasikal dan peraga, diajarkan secara individual, mudah untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur’an karena adanya pengulangan dan banyak diadakan dengan latihan.