MODEL KEPEMIMPINAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai; (1) kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, (2) strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, (3) model kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah di Sekolah Dasar Metode penelitian menggunakan model penelitian kualitatif deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang mendalam dan dokumentasi Metode analisa data menggunakan analisis Miler dan Huberman dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian; (1) kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan kewirausahaan dapat dilihat dari kompetensi kewirausahaan telah dituangkan di dalam KTSP dan renstra sekolah, (2) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, yaitu pengembangan kurikulum, meningkatkan kompetensi SDM, peningkatan fasilitas sarpras pendidikan dan kemitraan dengan pihak lain, (3) model kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah SD di Kabupaten Bantul adalah; kepala sekolah SDN 1 Bantul adalah model kepemimpinan Karismatik yang dikembangkan dengan kepemimpinan kewirausahaan, kepala sekolah SD Unggulan Aisiyah Bantul adalah model kepemimpinan Transformasiona dipadukan dengan kepemimpinan kewirausahaan, kepala sekolah MIN 1 Bantul adalah model kepemimpinan Karismatik yang dipadukan dengan kepemimpinan kewirausahaan, dan kepala sekolah SD IT Ar-Raihan Bantul adalah model kepemimpinan Transformasional dikolaborasikan dengan kepemimpinan kewirausahaan.