Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Alat Indra Manusia Melalui Metode Demontrasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Alat Indra pada Manusia. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Bajawa, tahun pelajaran 2011/2018 dengan jumlah siswa seluruhnya 20 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode Demonstrasi, agar siswa lebih mudah memahami dan mempraktekkan apa yang diperolehnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus pelaksanaan selama tiga bulan, mulai bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2018. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan butir soal tes dan lembar instrumen aktivitas siswa. Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai tes kedalam daftar nilai beserta hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Dan prosedur penelitiannya meliputi tahapan-tahapannya yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa, dari 65% pada siklus I, meningkat menjadi 85% pada siklus II.