PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI AKU DAN LINGKUNGANKU DALAM PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISWA KELAS XI SMK MPU TANTULAR BANYUMAS

Abstract

Keaktifan siswa dan pemahaman konsep terhadap materi menjadi kendala bagi siswa kelas XI SMK Mpu Tantular Banyumas. Permasalahan ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan masih monoton. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa kelas XI SMK Mpu Tantular Banyumas pada materi “aku dan lingkunganku”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara, tes pemahaman konsep. Data kuantitatif dianalisis dengan deskriptif komparatif dan data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keaktifan siswa meningkat dari 43,2; siklus pertama menjadi 56; dan siklus kedua menjadi 79,74. Nilai rata-rata pemahaman konsep materi meningkat dari 64,46; siklus pertama menjadi 75,56; dan siklus kedua menjadi 84,46. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Quantum Teaching meningkatkan keaktifan siswa. Pemahaman konsep siswa meningkat dalam memahami konsep-konsep materi ajar.