Pengembangan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Buddha

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang meliputi pengembangan instrumen percaya diri guru pendidikan agama Buddha, dan melakukan modifikasi penilaian kinerja guru pendidikan agama Buddha. Subjek penelitian guru pendidikan agama Buddha. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Juni 2019, yang dibagi dalam lima prosedur. Analisis data kualitatif dilakukan untuk mengolah data kualitatif, juga dilakukan analisis dengan Exploratory Factor Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi percaya diri guru pendidikan agama Buddha adalah faktor lingkungan, suasana kelas dan faktor lingkungan dari tugas tambahan yang dimiliki guru tersebut. Indikator yang mempengaruhi lingkungan kelas, terdiri dari suasana kelas yaitu indikator sarana pendukung belajar, seperti ruang kelas, buku, jumlah siswa, lokasi dan jumlah kelas. Sedangkan faktor lingkungan yang kedua adalah lokasi tugas tambahan yang sesuai, baik sebagai administrasi atau bidang tugas yang lain, sarana pendukung tugas tambahan, dan tekanan kerja. Besarnya pengaruh percaya diri terhadap kinerja guru pendidikan agama Buddha 0,318, yang menunjukkan bahwa prestasi kerja dapat dipengaruhi secara langsung melalui rasa percaya diri sebesar 0,318. Jika rasa percaya diri mampu ditingkatkan dalam satu satuan, dengan asumsi variabel lain tetap, maka prestasi kerja dapat ditingkatkan sebesar 0,318