Penyusunan Konstruk Mettā untuk Penilaian Siswa bagi Guru Pendidikan Agama Buddha Pendidikan Dasar di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator dan model penilaian Mettā yang valid dan reliabel. Penelitian ini dikembangkan dengan metode Research and Development (R & D), sesuai dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan. Berdasarkan analisis Exploratory Faktor Analysis menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel, yang dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) instrumen penilaian Mettā terbagi menjadi 2 yaitu instrumen penilaian diri dan instrumen penilaian dari guru Pendidikan Agama Buddha, 2) Instrumen penilaian diri terdiri dari 6 indikator, yaitu: (a) memiliki ketenangan pikiran, (b) memiliki kesabaran untuk tidak membenci, (c) melatih berbicara yang berfaedah, (d) memiliki kebijaksanaan untuk memaafkan, (e) menumbuhkan rasa bersahabat, (f) memiliki kepedulian kepada semua makhluk, 3) Instrumen penilaian dari guru Pendidikan Agama Buddha terdiri dari 8 indikator, yaitu: (a) memiliki ketenangan pikiran, (b) memiliki kesabaran untuk tidak membenci, (c) melatih berbicara yang bermanfaat, (d) memiliki kebijaksanaan untuk memaafkan, (e) memiliki kerelaan untuk menolong, (f) menumbuhkan rasa bersahabat, (g) memiliki kepedulian kepada semua makhluk, (h) melatih diri untuk mengurangi keserakahan.