PENGARUHKALYĀŅAMITTA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMP NEGERI 3 KALORAN

Abstract

Hubungan pertemanan yang sudah terjalin dengan baik di SMP Negeri 3 Kaloran dapat berdampak pada proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dengan adanya siswa saling berinteraksi, seperti saling menanyakan minat temannya untuk mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh kalyāņamitta terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Kaloran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto yang dilakukan di SMP Negeri 3 Kaloran. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 3 Kaloran tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kalyāņamittaterhadap minat belajar siswa Beragama Buddha di SMP Negeri 3 Kaloran. Hal ini dapat ditunjukan dengan nilai koefisien regresi linier sederhana sebesar t hitung = 2,280 dengan nilai signifikan = 0,029. Jika melihat nilai signifikansi dan t hitung tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kalyāņamitta terhadap minat belajar siswa, karena nilai signifikansi 0,029 < 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,280 > 1,683). Nilai signifikan < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehinga dapat diartikan bahwa besaran pengaruh kalyāņamittaterhadap minat belajar siswa jika dilihat dari nilai R square adalah sebesar 12,6%. Sedangkan sisanya 87,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini.