PROKRASTINASI AKADEMIK DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DHARMA ACARYA

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda mengerjakan ataupun menyelesaikan tugas-tugas akademik. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa skala prokrastinasi akademik. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Maha Prajna Cilincing – Jakarta Utara. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Dharma Acarya sejumlah 30 mahasiswa yang di ambil dengan cara simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menggambarkan kondisi prokrastinasi akademik mahasiswa pada kategori sangat tinggi sebesar 10%, kategori tinggi sebesar 60%, kategori sedang 13,3%, kategori rendah 6,7%, kategori sangat rendah 10%. Prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa tersebut terdiri dari beberapa aspek antara lain keyakinan akan kemampuan, gangguan perhatian, faktor sosial, manajemen waktu, inisiatif pribadi, dan kemalasan.