PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Weru tahun pelajaran 2019/ 2020. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Weru yaitu, kelas X MIPA 1 sampai dengan kelas X MIPA 4 dengan jumlah seluruh populasi adalah 144 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran STAD dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf segnifikan sebesar 5%, diperoleh harga = 2,0771 lebih besar dari harga = = 1,994 maka ada perbedaan rata – rata nilai kemampuan akhir antara kedua kelas eksperimen dan kelas control sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Weru tahun pelajaran 2019/ 2020. Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika; Student Team Achievement Division (STAD)