ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SELAMA MASA DARURAT COVID-19 PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo pada mata pelajaran matematika dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) selama masa darurat covid-19 pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan VIII G SMP Negeri 2 Ngadirojo sebagai populasi. Kemudian, lebih lanjut melalui tahapan reduksi data menggunakan purposive sampling yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Melalui penelitian ini diketahui bahwa tingkat kesulitan belajar siswa ada pada kategori cukup yakni antara 41,00-60,99% dan kategori tinggi antara 21,00-40,99%. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesulitan belajar dan teknik wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo pada mata pelajaran matematika dengan pembelajaran daring selama masa darurat covid-19 ada pada kategori cukup dan tinggi, 2) tidak ditemui siswa yang mengalami kesulitan belajar kategori sangat tinggi, 3) siswa mengalami kesulitan belajar matematika karena tidak menyukai matematika, 4) siswa lebih menyukai pembelajaran secara langsung daripada pembelajaran daring. Adapun solusi dari permasalahan tersebut yakni siswa yang mengalami kesulitan belajar harus mampu menemukan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajarnya dan perlunya metode pembelajaran interaktif selama pembelajaran matematika dengan pembelajaran daring sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran daring. Kata kunci : kesulitan belajar, matematika, pembelajaran daring Abstract This study is intended to identify the level of students’ learning difficulties on math subjects with daring learning during the covid-19 pandemic. Subjects in this research are students of VIII E and VIII G SMP Negeri 2 Ngadirojo as population. For further subjects, found after data reduction using purposive sampling. Then, further through the stage of data reduction using an adhesive sampling of samples with a particular consideration. A consideration used for impressive. sampling in this study is the result of students who are having difficulty studying with very high, high, and sufficient indicators. Data-collecting techniques used are quisioner and interview. It’s been known through this research that level of students’ learning difficulties on math subjects are between intervals 41,00 – 60,99 and 21,00-40,99%. The conclusions obtained in this study were: 1) the learning difficulties of grade VIII students of SMP Negeri 2 Ngadirojo in mathematics subjects with online learning during the Covid-19 emergency period were in the sufficient and high categories, 2) there were no students who experienced learning difficulties in the very category. high, 3) students have difficulty learning mathematics because they do not like mathematics, 4) students prefer direct learning than online learning. The solution to this problem is that students who experience learning difficulties must be able to find alternatives that can be done to overcome their learning difficulties and the need for interactive learning methods during mathematics learning with online learning so that students are more enthusiastic in participating in online learning. Keywords : learning difficulties, mathematic, daring learning