Sikap Mahasiswa Asing terhadap Program Pembelajaran Bahasan Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Abstract

Program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing merupakan salah satu program pembelajaran yang diatur oleh pemerintah dan beberapa institusi di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Kendari sebagai salah satu universitas yang memiliki mahasiswa Internasional diharapkan dapat menyelenggarakan program BIPA yang bertujuan untuk membekali Mahasiswa asing pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap belajar siswa terhadap program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Subjek penelitian ini adalah 3 mahasiswa asing asal Thailand yang sedang menempuh kuliah strata-1 di Universitas Muhammadiyah Kendari. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa BIPA memiliki sikap belajar yang positif dalam berpartisipasi pada program BIPA. Mereka sangat antusias mengembangkan kemampuan bahasa Indonesia yang mereka miliki karena peran bahasa Indonesia sangat vital baik itu di dalam ataupun di luar kelas.