Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada MTSN 2 Konawe Selatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi guru pada MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Penelitian ini adalah Kualitatif atau Naturalistik. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru-guru MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara melakukan studi dokumen, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh akan dianalisis induktif melalui tahap redukasi data, penyajian data dan kemudian diakhiri dengan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Kepala Sekolah MTs Negeri 2 Konawe selatan telah menunjukan perannya sebagai uswah (teladan) bagi mitra kerjanya dalam hal ini guru. Kepala sekolah juga telah berperan sebagai fasilitator, supporter, partsipator, instructor dan mitra kerja bagi para guru yang telah banyak memberikan motivasi kerja guru pada guru-guru MTs Negeri 2 Konawe selatan. Akan tetapi, dalam pelaksanaanya kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kerja guru dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Bentuk-bentuk faktor pendukungnya seperti keikhlasan guru dalam bekerja, kesejahteraan yang selalu ditingkatkan, dan pemberian penghargaan kepala sekolah terhadap guru-guru di MTs Negeri 2 Konawe Selatan, sedangkan bentuk dari faktor penghambat adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang masi minim, serta kurangnya ketegasan kepala sekolah terhadap guru yang indispliner dan permasalahan pribadi.