Strategi Berbicara Mahasiswa Ketika Mengalami Kesulitan dalam Aktivitas Berbicara
Abstract
Kesulitan bercakap merupakan salah satu isu yang sering ditemukan pada kelas berbicara (Speaking) dan memiliki efek yang dapat mempengaruhi minat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi berkomunikasi mahasiswa ketika mengalami kesulitan bercakap dan faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan tersebut. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami fenomena tersebut. Angket, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan seperti dalam hal kesulitan kosa kata, struktur kalimat, pengucapan dan kurangnya kepercayaan diri. Mahasiswa menggunakan beberapa strategi komunikasi dalam kegiatan berbicara. Strategi-strategi tersebut adalah penaksiran, perkiraan, alih kode, terjemahan literal, dan permohonan bantuan, dan menggunakan cara non-linguistik.