Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan model PBL pada mata pelajaran IPA, Mengetahui gambaran prestasi belajar siswa, dan bagaimana pengaruh model PBL terhadap prestasi belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 26 orang siswa kelas VIII/A. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X (penerapan PBL) dan variabel Y (prestasi belajar siswa). Teknik pengumpulan data dengan cara angket dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan PBL di MTs Negeri 02 Konawe Selatan diperoleh nilai persentase 90% pada interval 81-100% dengan kriteria sangat baik. Untuk prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII/A MTs Negeri 02 Konawe Selatan diperoleh nilai 77% dengan kategori sangat tinggi. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model PBL terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII/A MTs Negeri 02 Konawe Selatan dengan nilai persentasi 65,8% dan 34,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. dan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka hipotesis (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima.