Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan bertugas untuk menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik. Maka kepala sekolah hendaknya mampu menjalankan fungsi sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator yang baik agar dapat dikatakan bahwa kepala sekolah memiliki kemampuan yang baik. Selain kepala sekolah, guru juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Oleh karena itu, perlu adanya profesionalisasi keguruan yaitu peningkatan segala daya dan usaha dalam rangka pencapaian secara optimal layanan yang akanĀ  diberikan kepada masayarakat. Untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah dapat mengupayakan kelompok yang kompak (kohesif), cerdas, serta membuat saling terkait dan terikat antar fungsi dan antar warganya, menumbuhkan solidaritas atau kerjasama atau kolaborasi dan bukan kompetisi sehingga terbentuk iklim kolektifitas yang dapat menjamin kepastian output sekolah. Kepala Sekolah menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan kreativitas dan memberikan peluang kepada warganya untuk melakukan eksperimen-eksperimen untuk menghasilkan kemungkinan-kemungkinan baru, meskipun hasilnya tidak selalu benar.