PENGEMBANGAN MODUL EKSPERIMEN KIMIA SEKOLAH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN HOTS MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah modul pada matakuliah eksperimen kimia sekolah yang berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk melatih HOTS (Height Order Thingking Skills) mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan atau R&D dengan jenis pengembangan model konseptual 4D (four-D model) yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan dkk pada tahun 1974. Model 4D yang dikembangkan hanya sampai pada 3D (Define, Design, dan Develop) dan tidak sampai pada tahap disseminate. Tahapan pertama yaitu tahap pendefinisian (define), terdiri dari: Front-end Analysis (analisis awal-ahir), Concept Analysis (analisis konsep), Learner Analysis (analisis pembelajaran), Task Analysis dan Specifying Instructional Objectives. Tahap kedua yaitu tahap perancangan (design), terdiri dari format selection (mendeskripsikan spesifikasi hasil pengembangan yang dilakukan) dan initial design (mendeskripsikan secara lebih mendetail). Tahap ketiga yaitu Tahap pengembangan (Develop), teridiri dari kegiatan expert appraisal (uji kelayakan) dan developmental testing (uji coba hasil pengembangan). Teknik pengumpulan data yaitu dengan uji kelayakan oleh validator dan angket mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase kelayakan dan angket. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari tiga validator diperoleh kesimpulan bahwa modul eksperimen kimia sekolah berbasis PjBL dinyatakan “sangat layak” dengan persentase rata-rata kelayakan 97,12%. Begitu juga dengan angket mahasiswa menyatakan “sangat layak” dengan persentase rata-rata kelayakan 93,3%. Nilai HOTS mahasiswa menunjukkan kategori “sangat tinggi” dengan nilai rata-rata 86,25.