MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI ERA INDUSTRI 4.0

Abstract

ABSTRAK Menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa dianggap suatu hal yang sangat penting. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki keterampilan, sikap percaya diri, berani menghadapi resiko dan berkualitas serta siap menghadapi perubahan seperti era industry 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa melalui pemanfaatan teknologi digital pada pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah paired  sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung 5.209 ttabel 2.010, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian,  dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat berwirausaha mahasiswa sesudah pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran kewirausahaan. Dengan demikian pembelajaran kewirausahaan melalui pemanfaatan teknologi digital mampu untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Kata kunci: era industry 4.0, minat berwirausaha, teknologi digital ABSTRACT Fostering student entrepreneurial interest is considered a very important thing. Students are expected to have skills, self-confidence, dare to face risks and quality and are ready to face changes like the era of industry 4.0. This study aims to foster interest in student entrepreneurship through the use of digital technology in entrepreneurship learning. This research is a type of experimental research using quantitative methods. The data analysis technique used in this study was paired sample t-test. The results showed the value of tcount 5.209 t table 2.010, so that Ho was rejected and Ha was accepted. Thus, it can be concluded that there are differences in student interest in entrepreneurship after the use of digital technology in entrepreneurship learning. Thus entrepreneurship learning through the use of digital technology is able to increase student entrepreneurial interest. Keywords: industry era 4.0, entrepreneurial interest, digital technology