Penerapan Business Model Canvas Sebegai Alternatif Strategi Bisnis Pada UMKM Home Industri Kerajinan Gerabah Erri Art
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu strategi bisnis yang tepat kepada UMKM Home Industri Kerajinan Gerabah Erri Art berdasarkan Business Model Canvas. Tipe penelitian menggunakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan snowball sampling. Informan dari penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan konsumen UMKM Erri Art. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian identifikasi Business Model canvas ini dapat memberikan pilihan pengembangan strategi bisnis yang tepat untuk UMKM Erri Art dimasing-masing elemen. Elemen customer segment perusahaan fokus pada semua kalangan dari berbagai lapisan sosial masyarakat. Elemen value proposition difokuskan pada pengurangan risiko, pelayanan, serta memaksimalkan peranan sebagai produk unggulan. Elemen channel memerlukan peningkatan promosi melalui media online. Elemen customer relationships perusahaan diperlukan kecakapan karyawan dalam melayani konsumen. Elemen revenue streams perusahaan memiliki keunggulan dari sektor jasa sebagai tempat edukasi wisata. Elemen key resources perusahaan terdiri dari sumber daya fisik, sumber daya intelektual, sumber daya manusia, dan sumber daya finansial. Elemen key activies terletak pada proses produksi dan kegiatan jasa wisata edukasi. Elemen key partnerships perusahaan diarahkan untuk lebih memaksimalkan peranya sebagai mitra binaan DEKRANASDA untuk kemajuan perusahaan. Sedangkan elemen terahir yakni cost structure dari UMKM Erri Art terdiri dari biaya tetap, dan biaya variabel. Strategi yang tepat untuk UMKM Erri Art adalah strategi WO (Weakness-Opportunities) dimana kelemahan internal diperbaiki untuk memaksimalkan peluang yang ada. Kata kunci: Business Model Canvas, Pengembangan, Strategi, UMKM Erri