Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Rofi Collection Ciamis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Etika Bisnis Islam pada Usaha Rofi Colletion Ciamis, 2) Kualitas Produk pada Usaha Rofi Colletion Ciamis, dan 3) Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk secara Parsial dan simultan terhadap Kepuasan Konsumen di Usaha Rofi Colletion Ciamis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Tempat yang menjadi objek penelitian yaitu Usaha Rofi Collection Ciamis yang beralamat di Desa Dewasari, Dusun Kandang Gajah, RT 12, RW 04, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa secara parsial variabel Etika bisnis Islam dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai signifikasi variabel Etika bisnis Islam 0.000 < alpha 0,05, dan nilai signifikasi Kualitas produk 0.000 < alpha 0,05. Sehingga keputusannya H2 diterima dan H0 di tolak. Secara simultan variabel Etika bisnis Islam dan Kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi F statistik 0.000 yang lebih kecil 0,05. Kemudian variabel Etika bisnis Islam dan Kualitas produk mempunyai kontribusi menjelaskan Kepuasan konsumen sebesar 82,1 % (100% - 82,1 % = 17,9%). Sedangkan sisanya yaitu 17,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.