Kegagalan Pelaksanaan Asesmen Autentik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Dan Menengah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana kegagalan pelaksanaan AA pada pelajaran PAI di sekolah dan madrasah di Indonesia, (2) menjelaskan mengapa kegagalan tersebut terjadi dan (3) menjelaskan apa implikasi dari kegagalan itu. Dengan metodologi penelitian pustaka sistematis (systematic literature review), artikel ini telah meneliti 27 pustaka hasil penelitian tentang praktik AA. Artikel ini berkesimpulan bahwa (1) kegagalan pelaksanaan AA itu berupa sedikitnya karakteristik AA yang terdapat dalam praktik-praktik AA tersebut. (2) Kegagalan ini disebabkan guru-guru PAI-nya tidak memahami AA, karena kurangnya sosialisasi dan pelatihan AA. (3) Kegagalan ini berimplikasi pada siswa-siswa yang tidak terdidik untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sikap dalam kehidupan riil, mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah-masalah umat Islam yang kompleks, berkolaborasi, dan mengonstruksi pengetahuan.