HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA ANGKATAN 2016 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI
Abstract
Prestasi belajar menjadi salah satu parameter keberhasilan belajar mahasiswa. Regulasi diri merupakan faktor penting dalam belajar karena ikut menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai prestasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan analitik. Rancangan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati sebanya 327 orang. Analisis data menggunakan ujiSpearman. Didapatkan 180 sample. Sebagian besar responden memiliki regulasi diri dalam belajar yang tinggi sebanyak 150 orang (83,3%). Nilai median dari regulasi diri dalam belajar adalah 101. Prestasi belajar yang tinggi sebanyak 121 orang (67,2 %). Nilai median dari prestasi belajar adalah 2,84. Hasil analisis bivariat dengan uji Spearman didapatkan p-value = 0,000 dengan r = 0,445. Terdapat hubungan signifikan dengan kekuatan kolerasi yang sedang dengan arah kolerasi = (positif) atau searah antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati