Efektivitas Pelatihan Manajemen diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMA N1 Sedayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris efektivitas pelatihan Manajemen diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMA N1 SDY. Subjek eksperimen dalam penelitian berjumlah 16 subyek. Dimana 8 subyek sebagai kelompok eksperimen dan 8 subyek lainya sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan skala likert berjumlah 26 item dengan reliabilitas 0,776. Olah data menggunakan uji beda independent sample t test menunjukan nilai rata-rata mean kelompok eksperimen sebesar 52.12 sementara keolompok kontrol yaitu 37.25. dengan demikian dilihat secara deskriptif statistic dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan antara kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak siberikan perlakuan. Hasil uji independent sample t test didapatkan nilai sig. = 0,000, nilai Z = -3,985 bermakna terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya pada p (value) atau Asymp Sig < 0,05 berarti terdapat perbedaan peningkatan kedisiplinan yang signifikan dan bermakna antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol penelitian