SELF ADJUSTMENT MAHASISWA PASCASARJANA CEREBRAL PALSY

Abstract

Keterbatasan mahasiswa cerebal palsy dengan gangguan gerakan dan postur tubuh menjadikan motivator dalam menempuh studi magister. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dua orang mahasiswa cerebral palsy dalam beradptasi di tengah kekurangan dirinya untuk memahami pelajaran, mengerjakan tugas, presentasi dan diskusi. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa cerebral palsy yang duduk disemester dua sebagai indikator telah mengalami proses pembelajaan. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa kemampuan mahasiswa cerebral palsy dalam beradptasi ditandai dengan kemampuan mereka mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami selama proses perkuliahan dengan cara meminta bantuan pendamping ketika mendapat giliran presentasi atau berdiskusi dan juga menggunakan cara pembuatan slide yang dominan bersifat visual agar mengurangi dalam berbicara. Keterbatasan berbicara dilakukan penyesuaian diri dengan melibatan pendamping untuk membacakan serta memahami melalui tulisan yang disampaikan dalam pembelajaran yang dilaluinya. Keterbatasan fisik untuk berjalan penyesuaian diri dibantu oleh asisten pribadinya untuk membantu sebagai transportasinya.