Respon Komunitas Suku Asli/Laut menanggapi program-prorgram pendidikan yang di implementasikan oleh pemerintah terkait pendidikan
Abstract
Penelitian ini akan mengkaji tentang bagaimana Komunitas Suku Asli/Laut menanggapi program-prorgram pendidikan yang di implementasikan oleh pemerintah terkait pendidikan. Bagaimana dilema partisipasi dan aksesibilitasi masyarakat marginal dalam menempuh pendidikan menjadi sasaran dan fokus dalam penilitian ini.Sebagai masyarakat yang memiliki pola pikir terbelakang terhadap definisi pendidikan maka Komunitas Suku Asli/Laut dengan khas sosial budaya (culture) yang berbeda dengan masyarakat modern lain nya membuat Komunitas Suku Asli/Laut menjadi objek yang menarik untuk di kaji oleh banyak pihak.Penulisan ini beranjak dari beberapa alasan dari penulis, pertama pendidikan merupakan jembatan untuk seseorang mampu merubah kehidupan nya menjadi lebih baik dan hal ini sesuai dengan salah satu tujuan negara Indonesia yang tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alenia ke 4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerintah adalah instrument yang bertanggungjawab penuh atas penyelenggara kehidupan di negeri ini sehingga tidak ada alasan untuk setiap masyarakat tidak mengecap dunia pendidikan.