Elemen Sukses Pelayanan E-Government dalam Penanggulangan Kemiskinan di Dinas Sosial Kota Pekanbaru

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih berdampak pada semakin majunya penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik yang disebut e-government. Aplikasi Sitanjak Makin Mantap merupakan sistem aplikasi berbasis website yang dioperasikan Dinas Sosial Kota Pekanbaru dalam percepatan penanggulangan kemiskinan di Kota Pekanbaru terutama di bidang kesehatan, pendidikan dan sosial ekonomi. Aplikasi Sitanjak Makin Mantap memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk melakukan pengaduan pada bidang tersebut dan kemudahan kepada Dinas Sosial Kota Pekanbaru dalam menciptakan database kemiskinan dan menjadi langkah percepatan penanggulangan kemiskinan di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen sukses pelayanan e-government dalam penanggulangan kemiskinan di Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan Faktor yang mempengaruhi pelayanan e-government dalam penanggulangan kemiskinan di Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan teori Indrajit 2010 tentang elemen sukses pelayanan e-government. Hasil penelitian ini yaitu pengoperasian aplikasi Sitanjak Makin Mantap masih belum optimal, hal ini dapat dilihat masih adanya masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan aplikasi dan penggunaan aplikasi. Peneliti menyimpulkan bahwa masih kurangnya sosialisasi yang kontiniu dan menyeluruh kepada masyarakat, serta gangguan jaringan yang terjadi di Dinas Sosial Kota Pekanbaru. oleh sebab itu peneliti menyarankan perlu adanya sosialisasi yang konsisten dan menyeluruh serta perbaikan server untuk meningkatkan kualitas jaringan.   Kata Kunci: Pelayanan Publik, E-government, Kemiskinan