PRODUK PEMBIAYAAN SOSIAL PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalammengenai produk pembiayaan sosial pada perbankan syariah di Indonesia. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini digunakan untuk menggali informasi yang terkait dengan pengalaman Muqridh (orang yang berpiutang) dalam implementasi produk pembiayaan sosial. Pengumpulan data dilakukandengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis yang digunakan adalah Analisis Fenomenologi Interpretatif. Hasil analisis menyimpulkan bahwa menurut pengalaman Muqridh, obyek produk pembiayaan sosial pada perbankan syariah di Indonesia meliputi Uang Muka Gaji (UMG), Rahn Emas dan HawalahKata kunci: Hawalah, Rahn Emas, Uang Muka GajiABSTRACT. The study aims to analyze in depth about social financing products on Islamic banking in Indonesia. The paradigm that is used in this research is interpretive paradigm approach to Phenomenology. This approach is used to dig up the information associated with the experience of Muqridh in the implementation of social financing products. Data collection is done with the interview, observation and documentation, while analysis is the analysis of Interpretive Phenomenology. The results of the analysis concluded thataccording to the experience of the Muqridh, the object of social financingproducts on Islamic banking in Indonesia include an advance salary, the gold Rahn and the HawalahKeywords: Hawalah, Gold Rahn Emas, Advance salary