Efektivitas Psikoedukasi Terhadap Kemampuan Adaptasi Sosial Pada Mahasiswa Baru
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas program psikoedukasi peningkatan self-awareness terhadap kemampuan adaptasi sosial mahasiswa baru program studi Psikologi Universitas Paramadina. Peneliti menggunakan alat ukur Student Adaptation to College (SACQ) untuk mengukur kemampuan adaptasi sosial (social adaptation). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa baru jururan Psikologi Universitas Paramadina sebanyak sembilan orang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis The Wilcoxon signed-rank t-test dan didapatkan hasil p = 0.008 (p < 0.05). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program psikoedukasi peningkatan self-awareness efektif dalam meningkatkan kemampuan adaptasi sosial pada mahasiswa baru jurusan Psikologi Universitas Paramadina.