Hubungan Minat Baca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 1 Lepar Pongok Tahun Ajaran 2019/2020

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Lepar Pongok tahun ajaran 2019/2020 yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat hubungan antara minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Lepar Pongok yang berjumlah 20 siswa dan keseluruhan populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 20 pernyataan dengan teknik analisis data menggunakan rumus product moment.  Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data diperoleh hasil rhitung sebesar 0,946 dan untuk rtabel sebesar 0,444 sehingga Ha diterima. Dengan kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Lepar Pongok. Jadi semakin tinggi minat baca maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa.