Mengatasi Hambatan Pembelajaran IPS Dengan Metode Belajar Sambil Bermain Di Kelas IV SD Khazanah Ilmu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hambatan dalam kegiatan pembelajaran IPS kelas IV SD Khazanah Ilmu menggunakan metode belajar sambil bermain. Melalui metode belajar sambil bermain pendidik dan peserta didik dapat terlibat secara aktif satu sama lain. Pendidik berperan sebagai fasilitator atau yang memfasilitasi pembelajaran yang berlangsung agar peserta didik mendapatkan pengalaman belajar IPS yang nyata dan otentik. Hambatan dalam kegiatan pembelajaran IPS kelas IV SD Khazanah Ilmu berupa kesulitan yang dialami oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran IPS. Oleh karena itu, metode belajar sambil bermain ini disesuaikan dengan materi pembelajaran IPS. Jadi, permainan yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan materi yang akan dipelajari. Permainan yang disesuaikan dengan materi akan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran IPS, dan tidak ada satu permainan yang bisa cocok digunakan untuk semua materi pembelajaran IPS. Dalam mengatasi hambatan kegiatan pembelajaran  IPS di Kelas IV SD Khazanah Ilmu dapat dilakukan dengan menerapkan metode belajar sambil bermain. Metode bermain peran, bermain puzzle, permainan monopoli, dan permainan tradisional engklek dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran IPS untuk mengganti metode ceramah yang kurang begitu efektif namun masih sering digunakan hingga saat ini. Melalui penerapan metode tersebut, peserta didik dapat  lebih termotivasi belajar, berlatih berkomunikasi, kerjasama, dan bertanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran.