PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara jelas dan objektif mengenai peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan penerapan model cooperative learning tipe think talk write pada siswa kelas VIII  Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian menggunakan metode tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Untuk objek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu yang jumlahnya 24 orang dan 1 orang guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi langsung, komunikasi langsung, pengukuran, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian diketahui bahwa dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif dari sebelum penerapan model, sementara dari hasil pembelajaran terdapat peningkatan dari sebelum menggunakan model Think Talk Write hingga sesudah  menggunakannya. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase pembelajaran dengan ketercapaian indikator kinerja pada saat pra siklus yaitu 29,17% menjadi 91,67% di siklus 2, terlihat peningkatan tersebut hingga 62,5%.