Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Iman Kepada Hari Akhir Dengan Metode Numbered Head Together Di kelas VI SD Dendang

Abstract

Tugas dan tanggung jawab utama dari seorang guru adalah menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, kreatif, dinamis, dan menyenangkan. Hal ini berimplikasi pada adanya kesadaran dan keterlibatan aktif antara dua subyek pembelajaran yaitu guru sebagai penginisiatif awal, pembimbing dan fasilitator dengan peserta didik sebagai orang yang mengalami dan terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pembelajaran itu sendiri. Untuk mengoptimalkan pencapaian hasil belajar maka diperlukan sebuah interaksi edukatf dalam proses pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan masalah tersebut, guru berinisiatif untuk merubah metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Tentunya telah disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan dibahas dalam pekan tersebut. Metode yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode Numbered Head Together, yang merupakan metode pembelajaran yang lebih memfokuskan pada kegiatan siswa dalam mencari, mengolah, dan menginformasikan hasil belajar yang telah dilakukan dengan mempresentasikan di depan kelas.