Peningkatan Manajemen Produksi dan Pemasaran Pada Industri Rumah Tangga "Camilan Seleraku" di Denpasar

Abstract

Cemilan seleraku adalah salah satu industri rumah tangga di Bali yang bergerak dalam bidang makanan. satu produk unggulan dari Cemilan Seleraku adalah Cemilan Nagol yan termasuk dalam salah satu jajanan khas Berdasarkan kunjungan lapangan ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu pertama mitra masih menggunakan kemasan plastik, sehingga tidak marketable untuk dipasarkan di era digital. Kedua, alat penunjang yang dimiliki oleh mitra rusak sehingga menyebabkan pengolahan adonan Cemilan Nagol ini menggunakan cara manual. Ketiga, mitra belum memiliki label kemasan dan Keempat, mitra belum memiliki pemasaran yang modern. Hasil kegiatan ini adalah pemberian kemasan packaging yang menarik beserta dengan desain label kemasan. Kedua memberikan pelatihan mengenai strategi berbisnis di era digital. Ketiga, pemberian alat penunjang berupa Philips Mixer 5599 dan memasarkan produk Nagol melalui pembuatan Instagram.