PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA RUMAHAN PRODUKSI KELANTING

Abstract

Usaha klanting rumah tangga sebagai usaha perorangan sudah dikenal di daerah Kota Sumberejo Khususnya Sidomulyo dan sekitarnya. Diperlukan strategi usaha yang baik guna menghadapi persaingan bisnis yang semakinkompleks dan kompetitif. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruhkondisi lingkungan internal dan kondisi lingkungan eksternal terhadap pengembagan tahu, (2) untukmerekomendasikan strategi pemberdayaan yang dilakukan pengusaha tahu di Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sumberjo, kabupaten Tanggamus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian  dilakukan dengan wawancara kemudian dianalisis dengan SWOT. Metode penarikan sampel adalah random sampling. Jenis data terdiri dari data primer dan sekunder.Penerapan pemberdayaan agresif artinya usaha klanting berada dalam situasi yang sangat menguntungkan atau memiliki peluang dan kekuatan. Strategi yang harus diterapkan adalah memanfaatkan peluang untuk meraih keuntungan.