Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kecerdasan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodiri 1 Jember

Abstract

Pengembangan kecerdasan siswa sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan. Selain proses pembelajaran, layanan bimbingan dan konseling disekolah atau madrasah sangat dibutuhkan. Maka dari itu fokus penelitian ini adalah bagaimana peranan bimbingan dan konseling (BK) dalam mengembangkan kecerdasan siswa di MTs Al Qodiri 1 Jember? Untuk menjawab fokus tersebut, maka pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis datanya menggunakan Model Milles dan Huberman, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi teori. Adapun hasil penelitiannya adalah peranan bimbingan dan konseling (BK) dalam mengembangkan kecerdasan siswa baik dalam kecerdasan intrapersonal, interpersonal, maupun spiritual di MTs Al Qodiri 1 Jember sangat berperan penting. Karena merupakan alternatif untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang dialami oleh siswa, agar siswa dapat segera bisa mengikuti proses belajar mengajar dengan efektif dan efisien, serta mampu menyalurkan dan mengembangkan kemampuan atau potensi siswa, berupa bakat dan minat yang menjadi kesenangan siswa tersendiri untuk selalu diupayakan semaksimal mungkin dengan bimbingan dan arahan. Key Words: Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Siswa