Korelasi Antara Keterampilan Mengajar Guru Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Abstract
Keterampilan mengajar guru adalah seperangkat kemampuan atau kecakapan guru dalam melatih dan membimbing aktivitas pengalaman seseorang serta membantunya berkembang dan menyesuaikan diri kepada lingkungan. Jadi, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru adalah penilaian berupa tanggapan atau pendapat siswa terhadap kemampuan atau kecakapan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Adapun rumusan masalah secara umum adalah adakah korelasi antara keterampilan mengajar guru dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di SMP Islam Al Hidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?. Untuk mengetahui dan merealisasikan tujuan tersebut maka digunakan metode penelitian penentuan sampel dengan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling, dengan informan meliputi: Kepala sekolah, Guru, Siswa. Dengan metode pengumpulan data observasi, interview, angket dan dokumenter. Metode analisis data yang digunakan adalah Product moment. Adapun kesimpulan secara umum adalah Ada korelasi cukup antara keterampilan mengajar guru dengan peningkatan aktivitas belajar siswa di Madrasah Islamiyah Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Key Words: Keterampilan Mengajar, Aktifitas Belajar