Perencanaan Metode Yanbu’a Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidzul Qur’an Yasinat Keselir Wuluhan Kabubaten Jember

Abstract

Di Indonesia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua masih banyak dijumpai yang belum mampu membaca Al-Qur’an. Untuk itu diperlukan metode yanbu’a. Metode yanbu’a dapat memberikan kontribusi besar pada peserta didik, dimana peserta didik mampu membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an secara baik dan benar. Maka dari itu, fokus penelitian ini adaldah bagaimana perencanaan metode yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidhul Qur’an YASINAT Kesilir Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informannya menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan mengikuti cara yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan datanya menggunakan trianggulasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Takhassus Tahfidhul Qur’an Yasinat Kesilir Wuluhan adalah merencanakan penerimaan santri baru dengan persyaratan pendaftran dan mengikuti tahap penyeleksian, para guru/ustadzah dalam merencanakan pembelajaran membutuhkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari kalender pendidikan, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta untuk mendukung kualitas mengajar guru dalam proses belajar mengajar diadakanlah rapat rutin dan pembinaan. Pelaksanaan implementasi metode yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidhul Qur’an YASINAT Kesilir Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, adalah melaksanakan pembelajaran yanbu’a dan menghafal Al-Qur’an. Key Words: Metode Yanbu’a, Pembelajaran Al-Qur’an