Signifikansi Pembelajaran Daring Berbasis E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah

Abstract

Pembelajaran daring berbasis E-learning meupakan media pembelajaran elektronik berbasis Web (jaringan) atau TIK yang dibuat dengan prinsip dan metode tertentu sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran open sources yang menarik dan jelas (visibility). Fokus penelitian ini adalah signifikansi pembelajaran daring berbasis e-learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengna jenis library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi pembelajaran daring berbasis e-learning akan berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik apabila sebelum penerapannya sudah melewati semua evaluasi dari pengembangan e-learning. Selain itu, aplikasi e-learning harus diarahkan dalam beberapa aspek penilaian, yaitu pada aspek: assessing reaction and attitude (menilai reaksi dan sikap peserta didik), assessing learning (menilai belajar peserta didik), assessing behavior change (menilai perubahan sikap peserta didik), dan assessing return on investment in business (menilai ketercapaian target). Key Words: Pembelajaran Daring, E-Learning, Hasil Belajar