METODE TAHFIDZ APEL dan MURAJA’AH:

Abstract

Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan asset komunitas lembaga PAUD pada aspek kualitas SDM Guru dalam Menciptakan Sekolah Alam Berbasis Nilai-Nilai Ahlus Sunnah wal Jamaah di Masa Covid-19. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil pemberdayaan terhadap SDM guru PAUD Alamanda 46, maka ada beberapa simpulan yaitu: pemberdayaan dalam meningkatkan kualitas SDM guru-guru PAUD Alamanda 46 tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan dan seluruh asset yang berkaitan dengan PAUD Alamanda 46. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM guru-guru PAUD dalam memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar dan menciptakan Sekolah Alam berbasis Nilai-Nilai Aswaja. Pembelajaran sekolah alam ini akan sangat signifikan bagi peningkatan proses dan hasil berlajar di komunitas tersebut. Sekolah alam merupakan sekolah yang memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sekolah alam akan membuat siswa belajar dengan alam, belajar yang menyenangkan, belajar dengan kondisi udara yang segar dan sejuk, dan belajar yang efektif dan efisien. Sekolah alam juga mengindikasikan bahwa keberhasilan belajar tidak hanya dilakukan di kelas tapi juga dapat dilakukan di luar kelas. Penerapan sekolah alam berbasis Nilai-Nilai Aswaja di komunitas PAUD Alamanda 46 juga menerapkan beberapa konsep penerapan yaitu: determanis resiprokal, tidak terlalu membutuhkan reinforcement, anak-anak memiliki sendiri apa yang ingin diketahuinya dari lingkungan sekitar dan juga diselingi dengan proses bimbingan dan arahan dari guru-gurunya; dan penerapan sekolah alam berbasis nilai-nilai Aswaja akan membantu siswa untuk mengenal Asmaul Husna sejak dini. Keyword: Sekolah Alam, Nilai-Nilai Aswaja