RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SD BERBASIS AUGMENTED REALITY
Abstract
Media belajar bahasa Inggris berbasis buku teks membuat suasana pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa khususnya untuk anak sekolah dasar (SD). Hal ini menyebabkan transfer pengetahuan menjadi terhambat. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik diantaranya dengan menggunakan teknologi informasi. Kemajuan teknologi informasi telah merambah dunia pendidikan sehingga banyak sekolah telah menerapkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar seperti penggunaan animasi visual yang berhubungan dengan pembelajaran diantaranya teknologi augmented reality. Aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis teknologi augmented reality menjadi solusi untuk menarik minat anak SD. Aplikasi ini memiliki 2 fitur utama yaitu pembelajaran dan quiz. Pertama siswa diberikan pengenalan terkait informasi obyek-obyek di sekitar rumah dalam Bahasa inggris, selanjutnya siswa diminta untuk mengerjakan soal dalam lingkungan teknologi augmented reality. Aplikasi ini melakukan beberapa proses yang meliputi pembacaan simbol marker menggunakan kamera, kemudian melakukan tahapan pre Processing yaitu proses segmentasi untuk perbandingan simbol marker dengan simbol yang telah menjadi acuan sebelumnya. Bila simbol marker merupakan citra yang memiliki kemiripan dengan data referensi, maka hasil pengenalan citra itulah yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan objek 3 dimensi. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa fitur-fitur aplikasi ini berjalan dengan baik, serta pengguna secara umum merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini untuk belajar Bahasa inggris bagi anak SD