Penggunaan Media Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Simpang Ulim

Abstract

Dari hasil observasi awal peserta didik dalam bidang teknik audio vidio pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim masih terdapat kekurang pada penggunaan media pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar peserta didik yang belum mencapai kriteria (KKM ). Penelitian   inidilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Mind Map dikelas X Teknik audio vidio SMKN 1 Simpang Ulim. Penerapan media pembelajaranMind Map adalah sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan   tertentu dan hasilnya dituangkan langsung   diatas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode kuantitatif dengan Quasi-Eksperimen yang merupakan eksperimen semu untuk mengetahui  ada tidaknya akibat dari suatu perlakuan yang dikenakan pada subjek didik.Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMKN 1 Simpang Ulim dengan jumlah 396 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan seluruh peserta didik di kelas X teknik audio vidio di SMKN 1 Simpang Ulim sebanyak 17 orang. Pengumpulan data mengguankan pretes, perlakuan dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa   hasil balajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran mind map dengan nilai rata-rata yaitu 29.11 dan setalah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran nilai rata-rata nya meningkat sebesar 66.47. Analisis  hasil  belajar    diperoleh  thitung>ttabel   (7.33>2.110)  sehingga  H0   ditolak  dan  Ha   diterima. Sehingga dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.