Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Yang Diajar Menggunakan Model Course Review Horay (CRH) dan Model Number Head Together (NHT) Pada Siswa SMA Negeri 11 Kendari
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-test-Post-test Control Group Design. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model CRH dan model NHT di SMA Negeri 11 Kendari. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model CRH (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa sesudah menggunakan model CRH dan model NHT. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasilbelajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model CRH dan NHT mengalami peningkatan hasil belajar yakni nilai rata-rata pada kelas eksprimen sebelum menggunakan model CRH yaitu 55,87 dan nilai sesudah menggunakan model CRH yaitu76,37,sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebelum menggunakan model NHT yaitu 54,73 dan nilai setelah menggunakan model NHT yaitu 84,19; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model CRH pada kelas eksperimen dengan taraf signifikan 5% harga thitung > ttabel (9,400 > 2,0425); (3) Terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan model CRH pada kelas eksperimen dan setelah menggunakan model NHT pada kelas kontrol dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,661 > 2,0488). Dengan demikian hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model NHT lebih efektif dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model CRH.