Implikasi Pengalaman Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui implikasi pengalaman etnomatematika terhadap pemahaman konsep bilangan bulat siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan penentuan besar sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 54 dari 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pemberian angket dan soal essay. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Kruskal Wallis untuk menguji perbedaan pemahaman konsep bilangan bulat berdasarkan tingkat pengalaman etnomatematika siswa yang baik, cukup baik maupun tidak baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa signifikansiuji Kruskal Wallis sebesar 0,813 > 0,05; yang artinya tidak ada perbedaan pemahaman konsep bilangan bulat yang signifikan meskipun siswa memiliki pengalaman etnomatematika yang baik, cukup baik maupun tidak baik. Ini mengindikasikan bahwa pengalaman etnomatematika tidak berimplikasi secara langsung terhadap pemahaman konsep bilangan bulat siswa.