Analisis Penggunaan Media Google Classroom terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD Universitas Quality Selama Masa Bencana Pandemi Covid-19
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat canggih pada jaringan komputer yang menyediakan layanan informasi secara luas merupakan kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi yaitu internet (international networking) memiliki manfaat yang sangat besar. Pencegahan musibah Covid 19 ini berdampak pada masyarakat melaksanakan Lockdown. Hal ini didasarkan pada Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 tentang “Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)”. Dengan pembelajaran secara daring maka Univesitas Quality melaksanakan pembelajaran dengan meggunakan aplikasi dari internet yaitu Google Classroom. Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya diperoleh dari wawacara, dokumentasi dan kueseoner (angket). Prosedur penelitiannya dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan Lockdown. Hipotesis sementara yakni pembelajaran menggunakan Google Classroom pada Universitas Quality berjalan secara efektif selama musibah Covid 19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata dari semua kelas adalah 100,45 dan dari nilai keseluruhan diperoleh rata-rata 3,35 berdasarkan table dengan kriteria cukup, sehingga pengguna google classroom menurut mahasiswa dirasa cukup membantu proses pembelajaran. Skor tertinggi kelas 2A21 126 dan skor terendah 80 sedangkan kelas 2A22 skor tertinggi 121 dan skor terendah 84, dengan rata-rata kelas 2A21 101,58 dan kelas 2A22 101,21.