Strategi Pembelajaran Partisipatif pada Proses Penyelenggaraan Program Paket C di Kabupaten Wajo
Abstract
Penelitian ini menelusuri bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran partisipatif pada penyelenggaraan program paket C di Kabupaten Wajo dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode studi kasus. Adapun teknik dalam mengumpulkan data adalah: observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data meliputi tahap: koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pembelajaran partisipatif pada proses penyelenggaraan program paket C di Kabupaten wajo meliputi: 1) Tahap perencanaan, mengidentifikasi semua unsur-unsur yang menjadi kebutuhan masyarakat/warga belajar baik sebelum dimulai program maupun dalam pelaksanaan program yang menjadi sumber belajar bersama; 2) Tahap pelaksanaan, menyiapkan berbagai materi-materi sesuai dengan kebutuhan warga belajar, materi tentang sejarah, motivasi kehidupan, bahkan pengalaman. Hal ini bertujuan untuk membagun kembali memori warga belajar yang telah diperoleh selama mengikuti program paket C dan menginterpretasikan pengetahuan sebelumnya dan penyelenggara mengaitkan pengalaman peserta paket C dengan pengalamannya sebagai pegetahuan awal; 3)Tahap penilaian, semua yang menjadi sumber belajar bertujuan memotivasi warga belajar untuk melakukan analisis baik kekurangan dan kelebihan dalam pelaksanaan program paket C, baik yang berupa pengalaman terutama terhadap keterampilan yang telah dimiliki di dalam tugas sebenarnya atau dalam dunia kehidupanya.