Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru membuat media pembelajaran dalam menstimulasi kognitif anak usia dini di PAUD Monapa Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru yang berjumlah dua orang dan kepala sekolah. Adpaun objeknya adalah anak didik berjumlah 15 orang di kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diolah dan dianalisis melalui teknik deskriptif kualitatif. Upaya guru membuat media pembelajaran di PAUD Monapa Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan langkah yang dilakukan dalam membuat media adalah menentukan media apa yang akan dibuat, menyediakan alat dan bahan, menyusun langkah-langkah pembuatan media dan prosedur penyampaiannya kepada anak didik. Media yang dibuat dari bahan sisa/bekas mudah didapatkan. Sementara itu, lingkungan sekolah jauh dari perkotaan sehingga guru sulit mendapatkan alat-alat yang dibutuhkan. Meskipun demikian, guru kreatif menggunakan bahan bekas atau bahan sisa untuk menciptakan media pembelajaran. Media yang dibuat guru bertujuan untuk menstimulasi kognitif anak.