Kelompok Kerja Guru dan Perannya dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan agama Islam pada jenjang sekolah dasar masih dihadapkan pada berbagai persoalan, terutama dari aspek mutu. Guru sebagai garda terdepan dalam menjaga mutu dan peningkatannya, guru lebih mengetahui kondisi real terkait dengan pembelajaran, dan problem yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran dapat dikomunikasikan pada forum KKG. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengawas dalam melakukan pembinaan KKG, bentuk kegiatan KKG yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan KKG dalam memberikan pembinaan guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari ketua dan anggota Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI, kepala sekolah, dan beberapa orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah fokus group diskusi, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis secara interaktif sesuai tahapannya, yakni pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian adalah: pertama, pengawas PAI memberikan pembinaan kepada guru PAI melalui KKG dengan melakukan sosialisasi kebijakan terkait pendidikan dan pengajaran, memberikan pelatihan. Kedua, melalui KKG Guru PAI mendapatkan solusi terkait masalah yang dihadapinya dalam pembelajaran, menerima informasi terbaru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Ketiga, KKG dilakukan pembinaan secara kontiniu baik oleh kepala sekolah maupun pengawas.