Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di TK Jogja Green School)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlandaskan pada pendidikan anak usia dini, yang merupakan masa keemasan dimana peluang potensi dan perkembangan anak secara optimal dapat dikembangkan jika difasilitasi sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini juga untuk merealisasikan Undang-Undang  RI no 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 1 bahwa kesiapan anak usia dini dalam memasuki pendidikan lebih lanjut perlu adanya upaya pembinaan yang ditujukan pada anak sejak lahir sampai umur 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan dalam membantu perkembangan fisik dan psikis anak. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini dikembangkan secara kreatif melalui pengembangan kurikulum berbasis Alam yang telah dilakukan oleh Jogja Green School. Kurikulum berbasis Alam merupakan pembelajaran yang proses belajarnya lebih banyak menyatu  dengan alam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Yang dalam pelaksanaannya menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan adanya pembentukan karakter anak dalam masa ke masa. Dari KB hingga TK. Maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum berbasis Alam dapat menstimuli setiap pembentukan karakter anak baik untuk yang KB hingga TK. Oleh karena itu, guru PAUD maupun praktisi PAUD hendaknya memahami kurikulum berbasis alam dan dapat menerapkannya. Kata kunci : Pembelajaran berbasis Alam, Membentuk Karakter Anak.