Penerapan Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UD. Bitang Timur Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember
Abstract
ABSTRAK Maryana Ayu Hakiki, 2019: Penerapan efektivitas segmentasi pasar terhadap peningkatan volume penjualan ud. Bitang timur di desa sumber pakem kecamatan sumber jambe kabupaten Jember Pasar yang luas atau cukup luas berupa orang-orang atau organisasi yang tentu saja akan memiliki kondisi yang sangat beraneka ragam atau heterogen. Untuk itu perlu dipisah-pisahkan menjadi kelompok-kelompok yang memiliki sifat atau kondisi yang sama atau sejenis (homogen) membentuk segmentasi pasar. Segmentasi membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran. Perusahaan UD. Bintang Timur merupakan usaha kecil yang bergerak pada bidang industri batik. Perusahaan ini didirikan oleh bapak Mawardi, beliau berasal dari Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember, tempat dimana saat ini UD. Bintang Timur berada. Dalam upaya meningkatkan dan menjaga daya saing UD. Bintang Timur, muncullah isu menarik yang terangkat dari suatu fenomena yang terjadi di awal produksi bahwa penjualan produk belum sesuai dengan target industri sehingga UD. Bintang Timur berkeinginan untuk melakukan evaluasi strategi segmentasi pasar dalam penjualan Batik Labako. Pada penelitian ini, peneliti membuat fokus masalah yang mana diambil berdasarkan latar belakang penelitian yaitu “Penerapan efektivitas segmentasi pasar terhadap peningkatan volume penjualan ud. Bitang timur di desa sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember?” Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan dituju dalam melakukan penelitian. Tujuan penelitian harus mengacu kepada masalah-masalah yang telah dirumuskan sebelumnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah : “untuk mendeskripsikan bagaimana segmentasi pasar yang dilakukan oleh UD. Bintang Timur Batik Labako”. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keambsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, penerapan segmentasi pasar yang dilakukan di UD. Bintang Timur adalah dengan menggunakan segmentasi demografis, dimana Penerapan segmentasi pasar yang dilakukan oleh UD. Bintang Timur lebih memfokuskan pada segmentasi demografis. Pada faktor demografis, UD. Bintang Timur juga memfokuskan kepada konsumen berdasarkan faktor usia, pekerjaan dan pendidikan. Hal ini dilakukan karena rata-rata konsumen UD. Bintang Timur yang memiliki usia 20 ke atas. Jadi dengan mudah pihak UD. Bintang Timur mensosialisasikan atau mempromosikan produk batik labako tersebut. Segmentasi pasar yang dilakukan oleh UD. Bintang Timur sudah mencapai kriteria efektif dilihat dari (Kuantitas, Kualitas Dan Waktu). Kata Kunci: Segmentasi Pasar Dan Strategi Pemasaran.